Categories
News

Kurangnya Daya Penyerapan Investasi Dari Luar

Beberapa tahun terakhir, berita-berita luar negeri tentang perusahaan venture capital (sebuah perusahaan yang fokusnya menginvest di perusahaan baru) mentargetkan Asia Tenggara sebagai fokus dari investasi mereka. Berita ini kita kutip dari Dealstreetasia dan Reuter news. Tetapi beberapa bulan terakhir, sangat sedikit investasi yang masuk di Indonesia. Karena kurangnya daya penyerapan investasi dari luar, para investor asing memfokuskan dana mereka ke negara tetangga loh!!!!

Nah target mereka selalu mau masuk ke Indonesia, karena dinilai dari populasi dan daya beli Indonesia menjadi salah satu target investasi. Dan beberapa tunjangan dari pemerintah untuk memudahkan membentuk perusahaan menjadi pemacu berkembangnya startup-startup di Indonesia, terutama memfokuskan produk dan servis di bidang industry 4.0

Akan tetapi, negeri tetangga kita, Vietnam, telah banyak mendapat investasi dari beberapa VC, salah satunya Golden Gate Ventures. Nah ini adalah berita yang sangat disayangkan. Karena bayangin kalau semua fokus uangnya masuk ke Indonesia, maka kita akan menjadi negara yang pertumbuhan ekonominya melonjak sangat tinggi. Padahal dari segi infastruktur dan daya beli, Indonesia dan Vietnam tidak begitu jauh loh.

Vietnam

Nah ayo telusuri ada apa dengan Vietnam. Beberapa kebijakan pemerintah dari Vietnam telah memudahkan perusahaan asing masuk. Pemerintah Vietnam juga berjanji memberikan support yang tinggi di bidang inovasi dan ekonomi digital. Di Vietnam, mereka sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat sehat terutama di bidang digital ekonomi.

Faktor apakah yang membuat kurangnya daya penyerapan investasi dari luar? Bisakah kita melakukan sesuatu untuk memperbaiki hal ini? Jawabannya tentu saja kita bisa meningkatkan kualitas startup kita.

Bulan juni lalu, Workspez mengadakan seminar tentang startup fund raising di Dilo Bandung. Salah satu point yang dibicarakan adalah jauhnya startup dari investment grade. Faktor ini sangat berkaitan dengan kemampuan finansial perusahaan tersebut. Karena para investor luar mereka sangat peka dan terlatih melihat laporan keuangan dengan cermat dan mendalam. Salah satu servis Workspez adalah memberikan konsultansi di bidang financial dan laporan keuangan, dan beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan finansial perusahaan.

Build a scalable & successful startup
Build a scalable & successful startup

Nah, kalau mau tau beberapa faktor yang lain, atau kalau anda mau memulai startup atau sudah ada startup, ayo ikut ke seminar kita tentang “Build a scalable and successful startup” di bulan Agustus tanggal 20 sampai 22. Ini seminar 3 hari penuh di Hilton. Ayo klik link whatsapp ini buat connect sama Workspez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *