+62 22 30023600 [email protected]

Kenapa kami mengadakan servis klinik finansial Workspez? Karena salah satu faktor yang terpenting dalam sebuah bisnis adalah aspek keuangan, yang membahas mengenai kondisi perusahaan berdasarkan laporan keuangan perusahaan. Aspek ini akan memberikan gambaran yang berhubungan dengan keuntungan perusahaan. Hal ini menjadikan laporan keuangan sebagai alat ukur yang terpenting untuk menentukan kelayakan suatu usaha berdasarkan beberapa kriteria. Analisis aspek keuangan juga biasa digunakan untuk menentukan rencana investasi melalui perhitungan biaya dibandingkan manfaat yang akan didapatkan. Hal ini melibatkan ketersediaan dana, biaya modal, kemampuan proyek untuk membayar kembali dana tersebut hingga menilai apakah proyek yang diambil akan dapat berkembang terus di kemudian hari.

Tujuan Kegiatan Finansial

Pentingnya aspek keuangan dalam sebuah bisnis tidak ditujukan hanya untuk kepentingan sang pebisnis semata, namun juga bagi orang-orang lain yang bersangkutan langsung maupun tidak langsung pada bisnis tersebut. Berikut rincian manfaat aspek finansial bagi beberapa pihak:

1. Pemilik usaha – Pertama, pastinya laporan keuangan sebuah perusahaan berguna bagi sang pemilik usaha, tidak hanya dengan memberikan gambaran proyeksi keuntungan, tapi juga menggambarkan seberapa besar tingkat pengembalian usaha terhadap modal yang diinvestasikan. Dengan begitu, pemilik usaha akan bisa menentukan langkah-langkah strategi bisnis yang lebih tepat sesuai dengan kondisi perusahaannya.

2. Pemberi pinjaman – Apabila sebuah perusahaan meminta pinjaman pada satu pihak, maka wajar bagi pihak tersebut untuk mengetahui bagaimana perkiraan kemampuan pengembalian pinjaman yang mungkin akan diberikan, yang dirinci sebagai angsuran pokok dan juga bunga pinjaman. Dari sini, para pemberi pinjaman akan mendapatkan gambaran yang jelas dan pasti akan bagaimana perusahaan tersebut akan mengembalikan dana yang ia berikan serta dapat mencegah terjadinya konflik di kemudian hari.

3. Pemerintah – Meskipun pemerintah tidak berhubungan langsung dengan bisnis yang sedang dijalankan, laporan keuangan ternyata juga bisa berguna untuk Pemerintah, lho! Sebagai pemberi izin berjalannya suatu usaha, Pemerintah wajib mengetahui apakah usaha yang didirikan mendatangkan tambahan retribusi dan pajak, apakah usaha tersebut menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, serta mengetahui apakah berjalannya bisnis tersebut dapat memanfaatkan sumber daya domestik secara efektif dan efisien. Dengan begitu, Pemerintah akan mengetahui apakah usaha ini dapat berdampak baik bagi negara, dilihat dari apakah usaha ini akan menambah ataupun menghemat devisa negara.

4. Pelaksana usaha – Sebagai pelaksana usaha yang menjadi penentu keberhasilan perusahaan, ada baiknya pelaksana usaha tidak hanya berorientasi pada hasil usaha, namun menekankan kinerja dan usaha yang diberikan agar seluruh target dapat tercapai dengan baik. Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Akibat Fatal Buruknya Pengelolaan Keuangan

Setelah mengetahui pentingnya laporan keuangan bagi pihak-pihak yang bersangkutan dengan bisnis terakit, penting juga untuk mengetahui akibat yang bisa terjadi pada perusahaan yang disebabkan oleh pengelolaan laporan keuangan yang buruk:

Pertama, laporan keuangan yang buruk akan mencerminkan perkembangan yang buruk pula di kemudian hari, terutama bagi usaha UMKM yang sedang berkembang. Sekarang ini, masih banyak bisnis kecil yang sulit berkembang karena tidak memiliki laporan keuangan seperti cashdlow yang tersusun rapi. Dengan tidak adanya laporan keuangan yang jelas dan detil, maka UMKM terkait akan sulit mendapatkan pendanaan dari lembaga keuangan sehingga menghambat usaha tersebut untuk berkembang menjadi lebih besar lagi.

Kedua, dengan laporan keuangan yang buruk, perusahaan tidak akan memiliki informasi mengenai aset perusahaan dengan jelas, padahal aset merupakan faktor terpenting dalam berjalannya kegiatan operasional bisnis. Informasi detail aset yang dimiliki oleh perusahaan dapat didapat dari catatan keuangan perusahaan, sehingga apabila perusahaan tidak mengelola catatan keuangan dengan baik atau bahkan tidak memiliki catatan keuangan, maka detail informasi aset seperti investasi jangka panjang serta aset pajak tertanggung tidak bisa diketahui dengan jelas. Hal ini akan menimbulkan dampak buruk karena informasi inilah yang akan berguna untuk optimalisasi aset dan juga investasi.

Selanjutnya adalah tingginya resiko penyelewengan laporan keuangan. Bagaimana maksudnya? Bayangkan saja perusahaan Anda tidak melakukan pencatatan keuangan dengan baik, maka Anda tidak akan mengetahui detail transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini bisa dengan mudah dijadikan penyelewengan pencatatan keuangan oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab dan sangat memungkinkan merugikan perusahaan.

Terakhir, dan yang paling penting, apabila perusahaan Anda tidak memiliki laporan keuangan yang detail dan rapi, perusahaan Anda sangat mungkin untuk tidak bisa mendapatkan informasi mengenai laba rugi yang dialami oleh perusahaan dengan akurat. Bisa saja pada periode tertentu yang seharusnya perusahaan mengalami keuntungan namun malah tercatat sebagai kerugian ataupun sebaliknya karena laporan keuangan yang tidak baik. Hal ini bisa mempengatuhi strategi operasional yang harus diambil oleh perusahaan, namun apabila informasi yang didapat tidak benar, akan mengarah pada pengambilan strategi yang salah pula dan akan berdampak negatif bagi perusahaan.

Sekarang, pebisnis manapun tidak perlu khawatir dengan hal-hal ini. Workspez hadir dengan paket Klinik Finansial Workspez yang menawarkan konsultasi jasa akuntansi yang sangat bisa diandalkan untuk membantu bisnis Anda mengatur laporan keuangan secara cepat dan akurat.

Klinik Finansial Workspez

Seperti halnya rumah sakit yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit pada pasien, kini Workspez hadir untuk menyelesaikan “penyakit” atau permasalahan yang terjadi pada aspek keuangan sebuah perusahaan. Klinik finansial workspez ini bertujuan untuk membantu perusahaan memiliki laporan keuangan yang detail dan juga dapat mengaturnya dengan mudah, cepat, serta akurat. Dengan penggunaan artificial intelligence, Workspez telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam bidang keuangan. Jasa yang ditawarkan oleh Workspez dapat membenahi laporan keuangan perusahaan baik dari cash flow, balance sheet, statement of financial position, hingga penghitungan pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan terkait.

Nah, apa aja sih yang disediakan oleh Workspez dalam klinik finansial ini? Secara garis besar, tim Workspez siap membantu bisnis Anda dalam aspek finansial apapun yang Anda butuhkan. Kami membuka konsultasi seputar keuangan, baik dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, hingga pengawasan. Tidak hanya membantu dalam hal-hal tersebut, Workspez juga siap membimbing perusahaan Anda untuk mengevaluasi kondisi finansial perusahaan Anda sehingga Anda bisa mengetahui langkah ataupun strategi yang paling tepat yang harus diterapkan pada perusahaan.

Dampak Nyata Klinik Finansial Workspez

Dengan berbagai service yang ditawarkan pada klinik finansial ini, Workspez bisa membantu perusahaan dalam pengaturan keuangan. Tidak hanya itu, sistem yang digunakan Workspez pun dapat membantu perusahaan untuk semakin efisien dan efektif dalam bekerja, hingga meningkatkan akurasi. Bagaimana bisa? Ini semua karena Workspez menggunakan teknologi artificial intelligence sehingga seluruh proses pengaturan keuangan perusahaan dapat dikerjakan dengan waktu yang lebih singkat, cost yang lebih rendah, dan tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengerjaan manual.

Selama Workspez berdiri, tim Workspez sudah membantu banyak sekali perusahaan dalam pengaturan keuangan sehingga bisnisnya pun berjalan lebih lancar. PT. Pupilindo Anugerah Mandiri misalnya, yang sudah bermitra dengan Workspez sangat merasa terbantu oleh Workspez dan mengatakan bahwa Workspez sangat bisa diandalkan dan terpercaya. Tirta Sakti Jaya Utama juga merasakan hal yang sama, dimana mereka merasa sangat terbantu oleh Workspez dari sisi akurasi, kecepatan, dan ketepatan. Hal yang sama pun dirasakan oleh Anugerah Jaya Sentosa yang juga telah bermitra dengan Workspez dan mempercayakan Workspez untuk mengelola keuangan perusahaannya.

Nah, sekarang sudah aware dong betapa pentingnya aspek finansial pada bisnis kamu? Sebagai pebisnis, kita harus bijak dalam pengaturan keuangan, dan mempercayakan pihak yang sudah berpengalaman serta terpercaya. Workspez hadir untuk membantu mengelola keuangan bisnis kamu dengan cara yang paling efisien, terjangkau, dan akurat! Tunggu apa lagi? Ayo segera daftar untuk pengelolaan finansial yang lebih baik!

PS:

Ayo ikut webinar kita dengan Dilo

Valencia Suteja
Valencia Suteja

Valencia adalah salah satu tim content writer kami di Workspez. Selain memposting blog, dia juga author untuk sosial media Workspez Indonesia.

Daftar ke Newsletter kami.

Daftar ke Newsletter kami.

Ayo join ke newsletter kami untuk mengetahui update

You have Successfully Subscribed!

Share This
X