+62 22 30023600 [email protected]

Pengertian Budaya

Budaya merupakan suatu hal yang selalu ada dan melekat pada suatu kelompok masyarakat yang biasanya melakukan kegiatan atau hidup secara bersamaan. Secara umum dapat diartikan sebagai kumpulan nilai, gagasan, sikap, norma dan simbol-simbol yang dianut sebagai panduan kehidupan sekelompok manusia. Oleh karena itu, kebudayaan dapat mempengaruhi sikap dan perilaku manusia di berbagai aspek kehidupan. Ayo mengenal lebih jauh tentang budaya kerja di Workspez Indonesia.

Definisi dari Budaya Perusahaan

Keberadaan budaya tidak hanya ada di masyarakat,  tetapi juga terdapat di lingkungan kerja suatu perusahaan. Tentunya budaya yang terdapat di lingkungan kerja berbeda dengan di masyarakat sesuai dengan kebiasaan dan nilai-nilai yang dianut dan diturunkan.

Ada banyak sekali definisi yang membahas tentang budaya perusahaan. Namun dapat disimpulkan budaya perusahaan (corporate culture) sebagai nilai-nilai, norma, kebiasaan, keyakinan bersama yang dijadikan pedoman berperilaku oleh karyawan perusahaan untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal.

Budaya perusahaan sering kali menjadi ciri khas dari suatu perusahaan, karena pada dasarnya setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda-beda sesuai dengan misi, harapan, etika, nilai dan tujuan dari perusahaan tersebut. Inilah mengapa budaya perusahaan menjadi bagian dari indentitas suatu perusahaan.

Pentingnya Budaya Perusahaan

Pengembangan organisasi dan pengambilan kebijakan suatu perusahaan dapat berpedoman dari budaya yang berlaku di dalamnya. (referensi bagus pentingnya budaya perusahaan)

Selain itu, dampak dari budaya perusahaan yang paling nyata misalnya seberapa besar alasan dan keinginan dari karyawan untuk tetap bertahan di perusahaan tersebut. Resign terkadang menjadi pilihan oleh beberapa karyawan yang tidak betah dengan corporate culture yang berlaku. Nah, sekarang sudah tau kan pentingnya budaya perusahaan.

Budaya Kerja di Workspez Indonesia

Sebagai sebuah start-up tentunya Workspez memiliki budaya kerja yang sedikit berbeda dibanding dengan korporasi lainnya.

Start-up merupakan perusahaan rintisan yang bergerak di bidang digital atau inovasi teknologi. Workspez Indonesia sendiri merupakan start-up yang menyediakan sistem aplikasi akuntansi berbasis online atau digital. Budaya kerja di Workspez tidak bisa lepas dengan dimensi Millenial Expectation dan dimensi digital.

Lalu bagaimana budaya kerja di Workspez Indonesia? Berikut simak poin-poin di bawah ini!

Waktu Kerja yang Fleksibel

Fleksibilitas dalam bekerja seolah melekat erat dengan budaya kerja di dalam dunia start-up. Workspez juga menerapkan waktu kerja yang cukup fleksibel.

Waktu kerja yang fleksibel tidak berarti pegawai dapat bekerja sesuka mereka. Namun, terdapat target-target pekerjaan yang harus diselesaikan oleh setiap pegawai secara profesional.

Sistem kerja ini menuntut seseorang lebih tanggung jawab dan menghargai orang lain. Meeting tetap bisa dilakukan meski sedang tidak di kantor, atau dimanapun pekerja berada, karena Workspez melakukan meeting melalui conference call.

Workspez berpendapat bahwa setiap orang memiliki ‘waktu’ tersendiri dimana saat otak dapat maksimal dalam bekerja. Bisa saja pagi hari sambil minum secangkir kopi, siang hari sambil makan bekal, atau bisa saja di malam hari sambil mendengarkan musik galau, tergantung dari ritme kerja masing-masing orang.

Seleksi Masuk Perusahaan

“Semua serba online” begitulah budaya Workspez termasuk dalam rekrutmen karyawan baru. Mulai dari hiring, seleksi, rekrutmen, hingga penerimaan karyawan bisa dilakukan secara online. Bahkan seleksi interview juga dilakukan secara jarak jauh.

Proses rekrutmen secara online tentunya memberikan keuntungan kedua belah pihak baik pelamar dan Workspez sendiri. Tidak ada serangkaian tes yang berbelit sehingga lebih mudah untuk bergabung bersama Workspez. Workspez tidak menjadikan IPK dan almamater sebagai patokan. Siapa pun bisa mengisi ruang kosong yang dibutuhkan Workspez, bahkan dengan latar belakang pendidikan yang tidak selinier sekali pun.

Kemauan yang keras untuk belajar dan bisa beradaptasi dengan kultur perusahaan adalah kunci utamanya. Mereka yang bekerja di sini dituntut siap untuk menghadapi perubahan-perubahan dengan cepat dan tidak menutup kemungkinan untuk mempelajari hal baru yang tidak sesuai dengan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah. Inilah faktor utama kenapa budaya kerja di Workspez Indonesia sangat dihargai oleh pelamar kerja.

Fasilitas yang Menunjang

Selain gaji pokok, Workspez juga memberikan fasilitas yang menunjang hak karyawan seperti asuransi kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, laptop dan handphone kantor.

Dalam setahun sekali juga diadakan perjalanan karya wisata bersama ke luar kota dalam rangka refreshing dan apresiasi kerja. Fasilitas seperti ini dapat membuat karyawan semakin semangat, betah dan berimbas kepada peningkatan kualitas kerja.

Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Seru

Workspez juga memiliki suasana lingkungan kerja yang nyaman, sehingga dapat memberikan dampak psikologis yang baik terhadap karyawan. Tidak ada intimidasi dari atasan yang membuat karyawan menjadi tertekan.

Pada hari-hari tertentu seluruh karyawan diusahakan untuk menggunakan baju T-Shirt orange dari Workspez, lalu setiap hari Rabu menggunakan Kebaya sebagai salah satu bentuk dukungan Workspez terhadap kebudayaan Indonesia. Namun para karyawan juga tetap dibebaskan untuk menggunakan pakaian apapun sesuai kenyamanan dan kepribadian.

Sering kali terdapat bercandaan santai saat sedang meeting online bersama sehingga keseruan di lingkungan semakin terasa. Jika terjadi percecokan, tim kami selalu fokus kembali ke budaya kerja di Workspez Indonesia sebagai media penyelesaian.

Komunikasi Cepat Tanggap dan Pelayanan Excellent

Budaya yang paling ditekankan oleh Workspez kepada karyawannya yaitu komunikasi yang cepat tanggap dan juga pelayanan yang memuaskan. Terlebih sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang digital, harus mampu berkomunikasi dengan cepat karena itu modal utama suatu bisnis dapat dicintai oleh pelanggannya.

Komunikasi yang cepat tanggap tidak hanya diterapkan kepada pelanggan, namun juga dalam lingkup internal perusahaan. Selain cepat tanggap, komunikasi antar internal harus selalu terbuka dan jujur. Setiap orang diperbolehkan menuangkan aspirasi atau ide-ide brilian dan didiskusikan secara bersama-sama.

Tentunya pelayanan yang excellent terhadap pelanggan adalah mutlak bagi Workspez. Pelanggan adalah partner kerja terbaik kami, melayani dengan maksimal itu berarti sama saja dengan mensupport bisnis partner kerja kami. Prinsipnya yaitu kepuasan pelanggan merupakan bagian dari kepuasan Workspez.

PS:

Anda juga bisa baca artikel kami tentang bagaimana cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

Asadia Diajeng
Asadia Diajeng

Asadia adalah salah satu tim content writer kami di Workspez. Selain memposting blog, dia juga author untuk sosial media Workspez Indonesia.

Daftar ke Newsletter kami.

Daftar ke Newsletter kami.

Ayo join ke newsletter kami untuk mengetahui update

You have Successfully Subscribed!

Share This
X